Pakar Dokumentasi sering menerima tugas yang mengharuskan mereka untuk melakukan ulasan produk. Proses ini menentukan efektivitas dari vendor tertentu. Ulasan
Produk adalah alat yang dapat membuat atau menghancurkan tergantung dari siapa ulasan tersebut berasal.
Produk Negatif, Ulasan Positif -
Bagaimana Anda Berkomunikasi Dengan Kebenaran?
Kasus :
Anda
seorang penyedia konten untuk sebuah majalah IT. Salah satu perusahaan yang membuat
iklan di majalah anda ingin mempublikasikan suatu produk jaringan baru yang tidak
bagus. anda diminta untuk menulis tinjauan positif dari produk tersebut karena
pendapatan yang dihasilkan dari iklan mereka (bagian dari perjanjian.) Apakah etis
untuk menulis ulasan yang baik untuk produk yang buruk karena keuntungan yang
diperoleh dari perusahaan yang memproduksi sebuah perangkat ?
Konservatif :
Tidak
ada alasan untuk menyesatkan masyarakat. Uang memang mengatur di dunia bisnis,
tetapi tanggung jawab setiap penulis adalah untuk tetap jujur. Perjalanan sebuah
perusahaan majalah seharusnya tidak hanya untuk tujuan moneter tetapi juga
untuk kualitas kerja, karena majalah yang didasarkan pada keuntungan akan
segera runtuh. Industri lainnya dapat lolos begitu saja, tetapi tidak dengan
majalah IT. Untuk menghormati hubungan antara perusahaan anda dan perusahaan
yang mengembangkan alat baru, anda dapat memutuskan untuk tidak menulis apa pun
daripada menulis ulasan negatif, karena hati
nurani anda tidak bisa menulis ulasan positif dari sebuah produk yang negatif. Jelaskan kepada mereka bahwa anda tidak bisa berbohong kepada
pembaca anda dan mendukung alat yang tidak akan memenuhi kebutuhan mereka.
Liberal :
Dalam dunia bisnis, perusahaan perlu
membuat aliansi. anda juga memiliki tanggung jawab etika kepada mitra bisnis
anda. Kadang-kadang anda akan harus mengorbankan keyakinan pribadi anda untuk
mempertahankan hubungan anda. Hal ini tidak bijaksana untuk menjauhkan klien anda
sendiri. Menulis ulasan dengan cara yang positif tanpa menyesatkan dan berharap
bahwa mereka akan meningkatkan perangkat jaringan secepat mungkin.
Pendapat & Pandangan :
Bisnis adalah
masalah yang sangat rumit
dan kadang-kadang anda
harus melanggar
aturan untuk
tetap menjalin
hubungan dengan rekan bisnis anda. Cobalah
untuk tidak memberi
informasi yang salah kepada
publik. Selalu
ada cara
untuk mengungkapkan
kebenaran tanpa
harus terdengar negatif,
seperti memberatkan
mereka dengan pujian
samar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar