Kamis, 03 Januari 2013

MELAKUKAN ULASAN PRODUK

Pakar Dokumentasi sering menerima tugas yang mengharuskan mereka untuk melakukan ulasan produk. Proses ini menentukan efektivitas dari vendor tertentu. Ulasan Produk adalah alat yang dapat membuat atau menghancurkan tergantung dari siapa ulasan tersebut berasal.

Produk Negatif, Ulasan Positif - Bagaimana Anda Berkomunikasi Dengan Kebenaran?

Kasus :
Anda seorang penyedia konten untuk sebuah majalah IT. Salah satu perusahaan yang membuat iklan di majalah anda ingin mempublikasikan suatu produk jaringan baru yang tidak bagus. anda diminta untuk menulis tinjauan positif dari produk tersebut karena pendapatan yang dihasilkan dari iklan mereka (bagian dari perjanjian.) Apakah etis untuk menulis ulasan yang baik untuk produk yang buruk karena keuntungan yang diperoleh dari perusahaan yang memproduksi sebuah perangkat ?

Konservatif :
Tidak ada alasan untuk menyesatkan masyarakat. Uang memang mengatur di dunia bisnis, tetapi tanggung jawab setiap penulis adalah untuk tetap jujur. Perjalanan sebuah perusahaan majalah seharusnya tidak hanya untuk tujuan moneter tetapi juga untuk kualitas kerja, karena majalah yang didasarkan pada keuntungan akan segera runtuh. Industri lainnya dapat lolos begitu saja, tetapi tidak dengan majalah IT. Untuk menghormati hubungan antara perusahaan anda dan perusahaan yang mengembangkan alat baru, anda dapat memutuskan untuk tidak menulis apa pun daripada menulis ulasan negatif, karena hati nurani anda tidak bisa menulis ulasan positif dari sebuah produk yang negatif. Jelaskan kepada mereka bahwa anda tidak bisa berbohong kepada pembaca anda dan mendukung alat yang tidak akan memenuhi kebutuhan mereka.

Liberal :
Dalam dunia bisnis, perusahaan perlu membuat aliansi. anda juga memiliki tanggung jawab etika kepada mitra bisnis anda. Kadang-kadang anda akan harus mengorbankan keyakinan pribadi anda untuk mempertahankan hubungan anda. Hal ini tidak bijaksana untuk menjauhkan klien anda sendiri. Menulis ulasan dengan cara yang positif tanpa menyesatkan dan berharap bahwa mereka akan meningkatkan perangkat jaringan secepat mungkin.

Pendapat & Pandangan :
Bisnis adalah masalah yang sangat rumit dan kadang-kadang anda harus melanggar aturan untuk tetap menjalin hubungan dengan rekan bisnis anda. Cobalah untuk tidak memberi informasi yang salah kepada publik. Selalu ada cara untuk mengungkapkan kebenaran tanpa harus terdengar negatif, seperti memberatkan mereka dengan pujian samar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar